Usaha Sampingan untuk Menunjang Bisnis Kos Kosan

Kita semua tahu bahwa bisnis kos kosan merupakan sebuah usaha yang membutuhkan modal yang cukup besar, bahkan beberapa pengusaha kost masih memiliki kewajiban untuk membayar cicilan KPR setiap bulan. Oleh karena itu pengusaha kost dituntut untuk mampu memanfaatkan setiap potensi keuntungan yang bisa diperoleh melalui rumah kost. Selain dengan menyewakan kamar kost, ada beberapa usaha sampingan yang dapat dilakukan untuk menambah pundi-pundi rupiah dan memperlancar pembayaran cicilan KPR.

Berbagai Ragam Usaha Sampingan

Ada cukup banyak usaha sampingan yang dapat dilakukan di rumah kost. Usaha sampingan tersebut dapat memanfaatkan halaman, garasi, sisa kamar yang tidak tersewa atau ruangan yang dibuat khusus untuk keperluan usaha. Sebisa mungkin pangsa pasar dari usaha sampingan tersebut adalah para penyewa kost dan anak kost lainnya yang tinggal di sekitar kost. Berikut ini beberapa usaha sampingan yang dapat dilakukan untuk menunjang bisnis kos kosan Anda:

1. Rumah makan / kedai kopi

Selain tempat tinggal, setiap orang juga butuh makan. Apabila Anda berbakat dalam memasak, mengapa tidak mencoba bisnis yang satu ini? Jenis masakan yang ditawarkan sebaiknya berupa masakan rumahan yang disukai oleh anak kost. Berhubung pangsa pasar dari rumah makan adalah anak kost, maka harga hidangan yang ditawarkan juga harus disesuaikan dengan dompet anak kost.

2. Depot air isi ulang

Apabila Anda tidak ingin repot dengan urusan memasak, Anda dapat mencoba usaha depot air isi ulang. Anda dapat mencari penawaran paket usaha depot air isi ulang melalui internet. Hal yang perlu diperhatikan agar bisnis ini berjalan lancar adalah harga yang bersaing dan gratis biaya antar. Anda juga dapat melengkapi depot air isi ulang Anda dengan menjual air minum dalam kemasan.

3. Toko kelontong / minimarket

Jenis usaha sampingan lain yang dapat dilakukan di rumah kost adalah dengan membuka toko kelontong atau minimarket. Barang-barang yang dijual adalah kebutuhan sehari-hari yang diperlukan oleh anak kost, seperti mie instan, minuman botol dan perlengkapan mandi. Selain menjual barang, Anda juga dapat menawarkan pulsa dan token listrik.

4. Toko alat tulis

Apabila toko kelontong menjual barang-barang yang mudah kadaluarsa, maka toko alat tulis menjual barang yang lebih tahan lama, namun tetap dibutuhkan oleh anak kost. Modal yang dibutuhkan untuk membuat toko ATK tergolong kecil dan dapat dilakukan di lahan yang sempit.

5. Fotocopy dan percetakan

Bisnis fotocopy dan percetakan sangat cocok bagi Anda yang memiliki kost di depan kampus. Fotocopy dan percetakan sangat dibutuhkan oleh para mahasiswa, terutama menjelang ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Untuk menjalankan usaha ini Anda perlu menyediakan mesin fotocopy, mesin laminating, mesin jilid, mesin pemotong kertas, komputer dan printer. Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini memang tidak sedikit, namun potensi keuntungannya cukup menggiurkan.

6. Laundry

Satu lagi usaha yang sangat dibutuhkan oleh anak kost adalah laundry, apalagi tidak semua kost menawarkan fasilitas cuci setrika. Adapun perlengkapan yang dibutuhkan untuk memulai usaha laundry adalah mesin cuci, mesin pengering, setrika, dan timbangan. Usaha laundry tidak memakan tempat, namun Anda dituntut untuk paham teknik mencuci dan menyetrika yang baik, sehingga hasilnya memuaskan pelanggan.

7. Jasa pengiriman barang

Saat ini cukup banyak anak kost yang menjalankan usaha toko online atau online shop. Usaha toko online membutuhkan jasa pengiriman barang untuk mengirim barang jualan mereka. Hal ini menjadi peluang yang sayang untuk dilewatkan.

Cara membuka jasa pengiriman barang sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu mencari perusahaan pengiriman barang yang menawarkan kerjasama keagenan atau waralaba. Dengan menjadi agen pengiriman barang, Anda akan mendapatkan keuntungan dari komisi ongkos kirim untuk setiap barang yang dikirimkan melalui Anda.

8. Pusat kebugaran

Setiap orang tentu ingin sehat. Hal ini juga berlaku bagi anak kost, bahkan cukup banyak anak kost yang menjadikan olahraga atau nge-gym sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Hal ini terbukti dari munculnya berbagai pusat kebugaran yang ada di dekat kampus.

Usaha fitness center sangat cocok bagi Anda yang memiliki passion di bidang kebugaran atau memiliki cukup banyak peralatan olahraga. Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini tergolong cukup besar, selain itu bisnis pusat kebugaran juga memerlukan lahan yang luas, namun apabila ditekuni dengan serius, omzet dari bisnis ini bisa mencapai puluhan juga per bulan.

9. Pangkas rambut dan klinik kecantikan

Bisnis yang bergerak di bidang kecantikan dan pangkas rambut juga bisa menjadi usaha sampingan yang dapat dilakukan di rumah kost. Cukup banyak konsep usaha yang bisa Anda jalankan sesuai dengan potensi pangsa pasar di sekitar kost, misalnya salon untuk wanita, barbershop khusus pria, salon muslimah, sulam alis hingga klinik kecantikan. Selain membutuhkan tempat dan peralatan, bisnis ini juga membutuhkan tenaga yang terampil, maka pastikan Anda memiliki tenaga yang terampil dan berpengalaman agar pelanggan puas dengan pelayanan Anda.

10. Cuci motor atau mobil

Usaha cuci motor dan cuci mobil juga sangat potensial untuk dijalankan di lingkungan kampus. Apabila Anda melewati area parkir kampus Anda akan melihat ratusan, bahkan ribuan kendaraan yang diparkir. Para mahasiswa yang membawa kendaraan adalah calon konsumen yang potensial untuk bisnis cuci motor dan mobil. Bisnis ini tergolong mudah karena peralatan yang dibutuhkan tidak banyak, namun potensi keuntungannya sangat tinggi.

Perhatikan Hal-Hal Berikut

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar usaha sampingan yang Anda rintis di rumah kost berjalan lancar:

  1. Harga terjangkau. Berhubung mayoritas konsumen yang membeli barang atau memanfaatkan jasa Anda adalah anak kost, maka pastikan harga yang Anda berikan sesuai dengan kantong anak kost.
  2. Berikan pelayanan terbaik. Keramahan adalah kunci utama agar konsumen mau kembali berbelanja di tempat Anda. Jangan lupa senyum, salam dan sapa serta berikan pelayanan yang prima.
  3. Perhatikan kenyamanan penyewa kost. Jangan sampai penyewa kost menjadi tidak betah untuk tinggal di kost. Perhatikan apakah ada hal-hal yang dapat mengganggu kenyamanan seperti bau tidak sedap atau suara berisik yang dihasilkan dari usaha sampingan tersebut. Apabila diperlukan Anda dapat memisahkan pintu masuk rumah kost dengan toko.
  4. Promosi melalui penyewa kost. Manfaatkan para penyewa kost sebagai tenaga pemasaran Anda dengan memberikan komisi atau bonus apabila penyewa kost memperkenalkan usaha Anda kepada teman-teman mereka.
  5. Kembangkan usaha Anda. Usaha yang ditekuni dengan serius pasti membuahkan hasil yang memuaskan. Kembangkan usaha Anda dengan mengkombinasikan beberapa usaha yang berkaitan, misalnya rumah makan dengan toko kelontong atau toko alat tulis dengan usaha fotocopy. Apabila usaha Anda telah berjalan dengan lancar, mengapa tidak memikirkan untuk membuka cabang baru atau pindah ke tempat yang lebih besar dan strategis.

Demikianlah beberapa ragam usaha sampingan yang dapat menunjang bisnis kost Anda. Sebenarnya masih banyak jenis usaha lain yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan halaman atau ruang kosong di kost. Hal yang terpenting adalah kejelian Anda dalam melihat setiap peluang usaha yang ada. Apabila Anda memiliki ide bisnis lain, silahkan bagikan melalui kolom komentar di bawah.

Saatnya Ubah Kamar Kosong Jadi Rupiah

Dapatkan lebih banyak penyewa dengan mendaftarkan kost Anda di SewaKost!

Jangan Lupa Share Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Lain yang Disarankan untuk Anda: