Teknik Mentaksir Harga Property dan Negosiasi dengan Bank

Teknik Mentaksir Harga Property dan Negosiasi dengan Bank. Bagi anda yang konsen sebagai pengusaha kost, adanya bank adalah salah satu faktor penting dalam bisnis ini. Apalagi dalam membersamai proses jual-beli sebuah rumah/ property.

Dalam melakukan proses akad kredit,sebelumnya beberapa hal perlu untuk diperjelas sebelumnya. Mengenai hal ini, jangan segan-segan. Karena biasanya dari pihak bank akan terbuka dalam bernegosiasi.

Perhatikan beberapa hal ini saat bernegosiasi :

Pertama, Negosiasikan Soal Harga Rumah
Dalam proses kredit, sama seperti proses dalam jual beli, merupakan subjektivitas dari masing-masing pihak. Anda bisa masuk di sini. Misalnya saja seperti berikut ini : ada rumah second seharga Rp 300 juta, oleh pihak bank yang siap mengucurkan kredit bisa saja lebih besar taksirannya.

Ketemu nominal tersebut berasal dari rumus berikut ini :
(total luas tanah x harga pada umumnya di pasaran) + (luasnya bangunan x harga umum di pasaran) + harga yang strategis

Sampai di sini, sebenarnya anda bisa menghitungnya sendiri. Berapa kira-kira harga rumah anda saat ini. Apabila saat ini rumah anda terletak di dekat keramaian/ area kota, anda masuk kategori beruntung. Ini karena, nilai strategisnya akan mampu mendongkrak nilai jual dari rumah dan tanah milik anda tersebut.

Jika sekiranya hitungan tadi masih dirasa kurang memberikan rasa mantap di hati anda, bisa juga menjajal bank lain yang masih satu kawasan untuk memberikan taksiran harga rumah anda. Anda bisa melakukan penawaran dengan bank, sebaik dan secermat mungkin agar mendapatkan harga yang pantas dan menguntungkan.

Lakukan juga negosiasi untuk batas kredit beserta jumlah cicilan
Pada limit kredit oleh bank pun sebenarnya bisa dinegosiasikan. Seperti misalnya demikian, pada si A gajinya Rp 1 juta per bulan, akan tetapi dalam jangka waktu satu tahun ia dapat gaji sebanyak 24 kali. Sedangkan si B mendapatkan gaji Rp 2 juta, akan tetapi overtime-nya hanya Rp 3 juta per bulan saja. Jelas beda kan?

Ada bank yang menghitung nilai kredit cicilan per bulan berdasarkan gaji terendah si nasabah dalam waktu satu tahun. Akan berbeda lagi dengan bank lain yang perhitungannya dari rata-rata gaji si nasabahnya tersebut.

Anda bisa masuk dengan melihat kasus yang berbeda seperti ini. Selamat mencoba.

Saatnya Ubah Kamar Kosong Jadi Rupiah

Dapatkan lebih banyak penyewa dengan mendaftarkan kost Anda di SewaKost!

Jangan Lupa Share Artikel Ini

Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Artikel Lain yang Disarankan untuk Anda: